Minggu, 09 November 2008

Pasar Genteng: Tertua

Melalui GB No 6 8 Desember 1872, pasar genteng diresmikan dan dinyatakan sebagai pasar tertua di Surabaya. Saat itu, bango-bango swasta disewakan sekitar 1 sampai 5 sen untuk setiap hari pasaran. Atas usul dari Mr Abendanon, Pemerintah Kolonial mengambil alih bango atau kedai tersebuts selanjutnya pengembangan los-los pasar disediakan oleh pemerintah. Kebijakan mengambil alih pasar-pasar partikelir ini dilakukan atas kebijakan Gemeente pada 1906.

Pada 1916, sebuah los pasar sepanjang 24 meter dibangun di Pasar Genteng untuk pedagang elektronik. Pasar Genteng tidak pernah berpindah tempat dan tidak pernah mengalami musibah kebakaran. Perluasan lahan dan penambahan bangunan dilakukan pada 1975. Pada 1987 dilakukan perbaikan dan pemasangan keramik. Bagaimana dengan tahun 1990-an?

Saat ini, pasar genteng terdiri dari 3 lantai. Lantai bawah untuk penjual bahan makanan. Alasannya, untuk mempercepat dan mempermudah pasokan karena bahan makanan tidak bisa tahan lama. Lantai 2 dan 3 untuk barang-barang elektronik.

Seperti halnya pasar tradisional, kondisi sarana dan prasarana pendukung sangat buruk. Toilet sangat kurang peramatan. Keterbatasan lahan parkir, menyebabkan mobil harus parkir di jalan raya yang cukup jauh dari pasar. Petugas keamanan jarang terlihat.

Sejarah: Gunawan, Iskandar, Fony, Lylys, Steven, Budi, Meriany, Olivia, Meilani, Yeni, Lucia.
Komoditas: Salmon, Yuso, Iwan, Elen, Dian, Lilia, Fernando, Citrawati, Martinus, Mia, Arie
Fasilitas: Mario Marselinus, Maulidia, Diva, Steffy, Fiona, Cahya, Sugih, Meliza, Danny, Kent

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tulisan yang bagus. Boleh tahu daftar pustakanya?

Ridwan Gunawan mengatakan...

lengkap Makasih banyak ya pencerahan dan infonya

Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, silahkan klik Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah

Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia : Grosir Jilbab Murah di Indonesia.